Friday, January 30, 2015

5 Software Music Digital Audio Workstation (DAW)

12:59:00 AM

 Tak heran  Teknologi Komputer dianggap sangat berperan dalam melakoni sebagai software yang membantu dalam Project Recording/rekaman didunia music , sehingga music tersebut lebih kedengaran Garing di telinga pendengar. 

Di dunia music ada istilah yang dikenal dengan  “DAW” Digital Audio Workstation, yaitu semacam Perangkat untuk menunjang Produktivitas Music itu sendiri, sehingga melibatkan beberapa hal seperti Software hingga hardwarenya seperti “ Audio Card” pada computer,dll.

Berikut bahasan Software DAW apa saja yang diperlukan para Enginer Music. 

1.NUENDO (Steinberg)
Yang pertama ini adalah  keluaran  dari perusahaan “Steinberg”,  yaitu salah satu software yang hampir seluruh kalangan Enginer  akrab mengenalnya, layaknya kita mengenal
“Microsoft office”, hehe. Ok lanjut. 

Terlepas dari Fungsi utama yaitu untuk membuat project rekaman music, Nuendo juga Biasanya digunakan para editor untuk membuat karya seperti Background Film. Menarik bukan..?
Untuk segera mencobanya langsung aja Download Gratis  Nuendo 6.07 (terbaru 2014)


Ada banyak tehnik tehnik penggunaanya, seperti mulai dari mengatur Driver -  MIDI, setting input & Output, hingga lanjut ke tehnik selanjutnya, tapi tak perluu khawatir, ada banyak Tutorial yang membuat kamu cepat paham mulai dari pengenalan hingga tahap advance seperti  video ini :


2.Cubase (steinberg)

Masih di seputar keluaran Steinberg, hampir sama dengan Nuendo, namun secara fungsional lebih mengutamakan ke Audio, sementara nuendo bisa juga dalam hal Edit Video.
Hingga saat ini perusahaan (Steinberg) yang berasal dari Jerman ini telah mengeluarkan versi terbarunya yaitu Cubase 8, dan langsung saja jika ingin mencicipi produk yang satu ini .


Berikut juga Tutorial tahap sederhana yang bisa jadi refrensi kamu




3.PRESONUS (Studio One)
 Kali ini sedikit beralih dari DAW milik Steinberg. Presonus ini adalah Keluaran ” Studio One “ dan merupakan salah satu alternative bagi kamu  yang ingin menggeluti software Enginering di bidang music , tidak kalah dengan yang lainnya, yang mana hingga kini telah memiliki produk terbaru.


Dan tak kalah juga para pengguna banyak ditemukan video Tutorial mulai dari pengenalan hingga tahap lanjutan.




4.PRO TOOLS (Avid)
Pro tools adalah sebuah Software Audio Recording keluaran Avid, Sampai saat ini avid telah mengeluarkan produk terbaru yaitu Pro Tools 11.
Buat kamu yang ingin merekam Audio hingga menjadikannya sebagai alat Home recording, maka yang yang satu ini juga dapat kamu coba . Banyak musisi profesional audio menggunakan Pro Tools untuk merekam, menyunting, dan memproduksi lagu,


Berikut Tutorial yang bisa kamu jadikan bahan



5.SONAR X STUDIO
SONAR adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Cake Walk , dimana menyediakan beragam jenis kebutuhan dalam Recording seperti , SONARX3 hingga Pro, Music Creator 6 Touch, Kebutuhan Untuk Amplifier , dan Studio Instrument .
Seperti kebanyakan Software DAW lainnya, fungsi Sonar Cakewalk ini juga tidak kalah fungsi.
Berikut link downloadnya :



Simak juga Tutorial pengenalanya :


Sekian Pembahasan Tentang Software DAW / Music di artikel kali ini, adapun refrensi yang belum terdaftar mungkin akan dibahas Artikel Selanjutnya  :
AUDACITY
iZotope Break Twaker
Hypersonic
Dll.

Terima  kasih telah berkunjung, SSalam


Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

3 komentar:

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top