Friday, January 30, 2015

6 Teknologi Komputer Terobosan Terbaru Tahun Ini

1:21:00 AM


Sekarang ini terbilang adalah “ Era” nya Gadget, sehingga kadang Komputer/PC pun menjadi terlihat sedikit jadul, Namun seperti kita tahu bahwa Inovasi tak akan ada henti hentinya, para perusahaan perusahaan raksasa sekarang kian makin bersaing ketat bak "Lautan Perang" dalam perebutan Kekuasaan. Para Inovator terus melakukan Research ntuk menemukan sebuah produk baru.

Berikut ulasan mengenai 6 Teknologi baru yang akan diluncurkan tahun ini

"Wireless Charging"

Teknologi ini datang dari perusahaan Intel yaitu  teknologi dimana kita dapat melakukan pengisian baterai tanpa harus menghubungkannya perangkat kesumber arus listrik. 
Intel ingin membuat "Charger Wireless" ini seperti, kita saat sedang mencari sinyal wifi di café, restoran, bandara dan tempat umum lainnya. Demikian halnya Laptop mengisi ulang tanpa adaptor, menarik bukan?



Tahun ini Intel telah  menampilkan beberapa jenis laptop yang sudah bisa melakukan pengisian ulang tanpa kabel.
Intel membalut teknologi "Charger Wireless" ini dengan "Resonansi Magnet", dan telah dipromosikan oleh beberapa aliansi. Sudah ada beberapa tempat  yang telah menerapkan teknologi ini seperti untuk melakukan pengecasan Smartphone/ laptop. Namun untuk secara umum belum dicanangkan secara meluas.

Wireless Display

Teknologi ini memungkinkan untuk menghubungkan laptop tanpa kabel ke bebearapa monitor lainnya, Wireless Display ini dapat berfungsi seperti saat berada dalam jangkauan. Intel berharap bahwa fungsi ini dapat diterapkan seperti saat mengadakan pertemuan / pembelajaran dalam ruangan kelas. Satu Laptop dapat melakukan streaming langsung ke monitor laptop lainnya.


Wireless Display ini akan mendapatkan momen dengan adopsi pertumbuhan dari WiGig. Yaitu sebuah versi yang lebih cepat dari kecepatan “WIFI”.
Selain intel, Qualcomm juga akan mengadopsi WiGig untuk gadget seperti Smartphone dan tablet tujuannya agar dapat terhubung dari Smartphone ke TV Nirkabel. 

Komputer Interaktif

Komputer akan dapat lebih persepsi dengan kombinasi gerakan pemakai, suara dan pengenalan visual dengan teknologi yang telah terpasang di PC.


Tahun ini kamera biasa akan digantikan dengan Kamera “RealSense” 3D Intel, dimana mampu mengenal objek dan bahkan mengukur jarak benda. Kamera ini juga berfungsi seperti mengenali isyarat yang biasa digunakan untuk membuat Game.
Perusahaan Intel ini memiliki tujuan yang mulia dimana temuan teknologi ini bertujuan untuk menggabungkan visual, suara dan masukan agar dapat  mengenali suasana hati dan kebiasaan membaca manusia.


Thinner, faster, lighter, better

Maksud dari sebuah slogan intel ini  adalah, teknologi ini mengacu pada hal yang serba tipis, cepat, dan ringan akan lebih baik untuk sekarang ini.

Akan diciptakan sebuah Komputer lebih tipis seperti perusahaan telah memperkenalkan Laptop setipis 15 mm. Komputer yang akan dikeluar Intel ini juga menawarkan daya tahan baterai yang lebih lama dengan processor Broadwell dan skylake, Ram DDR4, sejauh ini dapat membuat aplikasi atau game berat berjalan dengan mulus Untuk Operasi Sistemnya akan menggunakan Windows 10, dimana menggantikan OS yang kontroversial (Windows 8).


“Creative Desktop” / Meja Kreatif


Kali ini datang dari perusahaan HP, yang telah membuat sedikit penemuan berbeda dari pesaingnya yaitu sebuah produk “Meja Kreatif” (semacam Kanvas) yang terhubung langsung dengan sebuah komputer yang telah memiliki kamera 3D.
 Teknologi ini disebut (Touch Mat) yang memiliki 2 fungsi utama yaitu dapat melakukan scanning yang terletak di meja dan memanipulasinya.


Misalnya jika meletakkan cangkir kopi di kanvas , kamera 3D akan memindainya kedalaman dan juga ukuran. Ada sebuah proyektor diatas “Sprout” yang dengan refrek dapat memindahkan gambar dari Cangkir Kopi tadi ke dalam “Touch Mat”. Sehingga pengguna dapat manipulasi cangkir tersebut dengan menyentuh kanvas digital.  
Disisi lain, Dell juga telah mengembangkan “Smart Desk” dengan PC all in one , dengan berseri, yaitu seperti keyboard virtual , dimana pengguna dapat mengetik langsung  di meja



Biometric Sensor

Intel  akan membuat Perangkat Lunak dimana User dapat Log in ke Situs tertentu memlalui otentikasi biometric.

Tujuannya ada 2 yaitu : otentikasi biometric relative handal dan aman, User tidak perlu lagi mengingat puluhan password untuk login kebeberapa situs yang berbeda.
Sejauh ini teknologi ini sudah digunakan perushaaan Apple yaitu menggunakan untuk mengotorisasi pembayaran kartu kredit melalui Pay Apel nya, namun Intel ingin membawa konsep yang mirip dengan itu.

 Sumber Refrensi : www.pcworld.com

Sekian ulasan mengenai teknologi baru yang bakal di canangkan tahun ini, so.. mari kita sabar menunggunya.. dan semoga dapat menambah wawasan kamu,
Terima kasih telah berkunjung,
Salam.


Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

14 komentar:

  1. izin copy buat tugas gan..

    ReplyDelete
  2. ijin copy gan, thans sangat membantu tugas ane :D

    ReplyDelete
  3. Teknologi gak akan pernah ada habisnya (y). Lanjutkan gan.

    ReplyDelete
  4. keren banget gan, jaman makin maju. tapi Indonesia kapan ya bisa cepet berkembang didunia teknologi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..
      memang sulit untuk mengikuti semua perkembangan yang ada,
      tapi bukan menutup kemungkinan kalo kita (Indonesia) ga bisa ya..
      ya, ini semua tergantung pada kita generasi muda yang idealis , dan berkarya dengan kreatif.

      Salam Sukses Gan :)

      Delete
  5. thanks gan atas infonya. bagi yang ingin menambah skill ilmu komputer , Asian brilliant sangat cocok bagi seseorang yang sangat sibuk karena bisa belajar kapan saja dimana saja . FLEXIBLE Kan.....

    ReplyDelete
  6. Terima kasih, artikelnya bagus kak ..^_^..
    Sangat bermanfaat. Dilanjut terus penulisan artikelnya kak ..^_^..

    wwww.pclink.co.id

    ReplyDelete
  7. Paling tertarik dan penasaran sama wierles charger, ko bisa yah kaya gitu. Keren banget, tapi kayanya di sini belum ada yah. Thanks informasinya. Great Paper

    ReplyDelete
  8. setiap tahun semakin maju.
    cek artikel menarik serupa dengan mengunjungi :
    Ruah Pena | Graha Pena Gunadarma

    ReplyDelete

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top