Friday, January 30, 2015

8 Cara Diet Populer Menurunkan Berat Badan

1:03:00 AM

Mungkin kamu sudah sering sekali mendengar atau membaca puluhan bahkan ratusan tentang cara Diet, seperti untuk menjaga kesehatan, menurunkan berat badan, kolesterol, dan semua itu bertujuan agar hidup yang sehat tentunya.
Misalnya Diet Mediterania, dimana mencerminkan kebiasaan kuliner orang barat khususnya bagian Eropa Selatan,

Kata Diet sendiri berasal dari kata latin yaitu "diaeta" atau dikenal dalam bahasa Yunani yang berarti "Cara untuk Hidup". Diet juga digambarkan sebagai suatu "Cara Makan" dan "Minum", yang mana Jenis dan Jumlah makanan yang harus diatur dan terencana dalam kurun waktu untuk mencapai "GOAL", atau ada aja yang hanya mengikuti gaya hidup "trend".



Berikut rincian tentang Diet yang paling populer berdasarkan Kriteria Berikut

1.Diet Atkins
Jenis ini lebih ke pendeketan Gizi atkins, yang mana fokus dengan pengendalian kadar insulin dalam tibuh dengan diet.
Jika kita komsumsi banyak karbohidrat, maka tingkat insulin kita akan meningkat, kemudian jatuh dengan cepat.
Kadar insulin meningkat, dapat memicu tubuh untuk menyimpan energi dari yang kita makan atau mungkin membuat kecil kemungkinan tubuh menggunakan lemak yang disimpan sebagai bahan bakar /energi.
Kebanyakan orang yang sedang menjalankan Diet ini akan mengkomsumsi porsi protein yang tinggi dari yang biasa mereka lakukan sebelumnya.


2.The Zone Diet (Diet Zone)
Metode ini bertujuan menyeimbangkan gizi 40 % karbohidrat, 30 % lemak, dan 30 % Protein setiap kita makan. Fokusnya juga agar dapat mengontrol kadar tingkat insulin, yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan dapat lebih maksimal dan terkontrol.

Diet ini mendorong kita agar mengkomsumsi karbohidrat yang berkualitas baik, karbohidrat murni, dan lemak seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang kacangan.


3. Diet Vegetarian
Ada banyak jenis dari Vegetarian yaitu yang biasa disebut, Lacto Vegetarian, Vegetarian Frutarian (vegetarian buah buahan), Lacto ovo Vegetarian (Hidup dengan makan Vegetarian) , Ovo Vegetarian, Pesco vegetarian, dan Semi Vegetarian.

Namun mayoritasnya adalah Lacto Vegetarian yaitu mereka yang tidak memakan daging, tapi hanya memakan seperti (sayur, telur, susu, dan madu).

Studi penelitian beberapa ahli terakhir ini menjelaskan vegetarian memiliki berat badan yang tergolong ideal. Begitu juga dengan tingkat kesehatan mereka yang lebih jauh dari penyakit, dan pada umumnya lebih memungkinkan memiliki umur yang lebih panjang.

4.Diet Vegan
 Veganisme adalah cara hidup dan merupakan filosofi mengenai diet. Seorang Vegan  tidak makan apapun yang berbau daging, termasuk telur, susu, dan madu.
Umumnya Vegan percaya bahwa olahan hasil pertanian modern lah yang baik buat dikomsumsi. Dan keram mengomsumsi lebih sedikit kalori, sehingga berat pun berkurang dan memiliki indeks massa tubuh yang rendah dan juga rendah lemak.
Langkahnya seperti pola makan yang terdiri dari biji bijian, kacang, sayur dan buah, namun jumlah tak terbatas.


5. Diet dengan Memantau Berat (WEIGHT WATCHERS)
Ya,, dari poin diatas mungkin kita sedikit tahu, dimana cara ini hanya fokus pada hilangnya berat badan saja. Jadi cara ini dilakukan dengan Diet, Olahraga, dan beberapa dukungan.

Weight Watchers berawal dari tahun 1960 - an , ketika seorang ibu rumah tangga, yang telah kehilangan berat badan dan dia khawatir jika itu kembali naik lagi.(Plateau).
Sehingga dia membuat sebuah jaringan dengan teman, yang mana telah menjadi sebuah perusahaa
yang telah memiliki cabang di seluruh dunia.

Orang lain yang ingin diet dapat bergabung secara fisik dan menghadiri pertemuan rutin/online, dan atas kasus tersebut ada banyak berdatangan dukungan, dan timbal baliknya saling mendukung bagi para pelaku Diet.

 6. The South Beach Diet
Diet ini dimulai dari seorang ahli jantung,Dr. Agatston, dan ahli Gizi, Marie Almon
Berfokus pada pengendalian insulin, dan membandingkan antara manfaat dari karbohidrat yang lambat/mentah dengan karbohidrat yang cepat.
Dr. Agastston merancang Diet ini pada 90 an karena ia kecewa pada sebuah pernyataan rendah lemak, tinggi karbohidrat yang didukung oleh sebuah Asosiasi American Heart Association.
Dia percaya dan telah menemukan bahwa kepercayaan rendah lemak tidak efektif dalam jangka panjang .


 7. Raw Food Diet (Diet dengan Makanan Mentah)

Cara ini mengomsumsi makanan dan minuman yang tidak diproses dengan siap saji, idealnya Organik.

Pelaku pada umumnya mengatakan bahwa setidaknya tiga-perempat dari asupan makanan mereka harus terdiri dari makanan mentah.  
Sejumlah besar Pelaku Diet juga dikatakan vegan - mereka tidak makan atau minum apa pun yang didasarkan hewan.
Ada empat jenis utama dari foodists baku: vegetarian mentah, vegan mentah, omnivora baku, dan karnivora mentah.

8. Diet Mediterania


Diet Mediterania berasal dari Eropa selatan, dimana berfokus pada kebiasaan orang Yunani yang mengkomsumsi nutrisi, dan Italia selatan. Dan cara ini tersebar hingga Spanyol, Perancis selatan, dan Portugal juga termasuk, meskipun Portugal tidak menyentuh Laut Mediterania.

Penekanannya adalah dengan banyak memakan makanan nabati, buah-buahan segar sebagai hidangan penutup, kacang-kacangan, sereal, biji-bijian, minyak zaitun sebagai sumber utama makanan berlemak.
Keju dan yogurt adalah sebagai makanan dan susu utama, jumlah moderat ikan dan unggas, hingga sekitar empat telur per minggu, sejumlah kecil daging merah, dan beberapa anggur.

Hingga sepertiga dari diet Mediterania yang terdiri dari lemak, lemak jenuh dengan tidak melebihi 8% dari asupan kalori.
Sekian artikel ini, semoga dapat menambah wawasan mengenai Diet. Buat kamu yang lagi menjalani Diet semoga kamu tetap semangat karena itu tergantung dari dirimu sendiri. Salam Semangat.

Jangan Lupa Baca Artikel Seputar Diet Juga disini :


Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

0 komentar:

Post a Comment

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top