Friday, January 30, 2015

8 Bidang Pekerjaan Dalam Grafis Desain

1:19:00 AM

Flamingosolution | Kesempatan kali blog akan sedikit merangkum 8 Bidang Pekerjaan Dalam Grafis Desain. Mari disimak dibawah ini.

1. Editor

Nah.. biasanya Khusus seorang Editor ini bertugas atau sering berurusan dengan membuat Cover, Banner, Brosur, Kartu nama, dll. Mungkin yang ini bagian yang paling sederhananya atau paling mudah ditemui seperti di perusahaan Percetakan, Advertising dll.




Biasanya untuk memegang peran ini perlu belajar menggeluti Software vector maupun editing lainnya contohnya  : Ink scape, CorelDraw, Illustrator, dan tentunya Photoshop juga sangat diperlukan .





2. Drafter

Yang satu ini bertugas biasanya lebih membutuhkan ketelitian seperti contoh Merancang Gambar suatu bangunan, atau menggambar sketsa rumah yang semuanya harus digambarkan dengan detail.


Jika ingin peran ini, maka butuh untuk mempelajari software seperti : AutoCad, 3dmax, 4D Cinema, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan 3d tentunya, namun jika memiliki kreatif yang tinggi, sebenarnya 3D tidak jadi patokan. Maka tergantung keahlian kamu menggunakan suatu Software tersebut.



3. Layouter

Seorang Layoters juga bertugas untuk membuat seperti halnya editor, tapi sedikit lebih terarah pengerjaannya yang mana hanya membuat latar, seperti Megazine, Poster, bahkan Majalah Berita.

Aplikasi yang dibutuhkan untuk ini seperti MS Publisher. In Design (Adobe) dll.



4. Photographer



Yang satu ini masih masuk tergolong menjadi peran seorang Desainer Grafis, karena utamanya ialah membuat grafis/ gambar, baik itu vector maupun foto.Seperti kita tahu selain tugas utamanya, Peran ini juga bertugas melakukan seperti Pengeditan foto.

Aplikasi yang harus digeluti seperti  tak lain yaitu Photoshop, Photostudio, dan iEworks, dll.





5. Video Editor

Video Editor bertugas untuk mengedit suatu Video baik pendek maupun hingga film. Biasanya banyak ditemui seperti di industry Perfilman.

Kerap Peran ini juga menggunakan Software seperti : After Effect, Autodesk Maya, Sony Vegas  dll.


 Baca Juga Ulasan terkait disini : Aplikasi Editor


6. Art Director


Peran ini sering ditemukan seperti halnya dalam Perfilm –an, yaitu bertugas membuat suuatu karya Visual visual effect pada suatu Video,

Aplikasi yang dibutuhkan untuk peran seperti ini ialah  : Photoshop, Paint, Art Creator dll




7. Web Designer

Tentu kita tahu bahwa telah banyak menemukan web web yang terlihat menarik dari Tampilan atau biasa dalam istilah web yaitu Template. Pekerjaan ini sangatlah membutuhkan keahlian yang lebih interaktif, atau sangat membutuhkan pengalaman di bidang HTML, CSS 


Jadi tak hanya bekerja dengan unsur pewarnaan, tapi juga bergelut dengan coding seperti HTML, PHP, Java. Untuk aplikasi yang diperlukan untuk peran ini berupa seperti : Adobe Dream Viewer, Animated HTML5 Creative, dll



8. Animator



 Peran sebagai animator ini bertugas dalam pembuatan Graphic seperti Pemodelan sebuah objek hingga membuatnya menjadi Animasi bergerak, seperti halnya dalam pembuatan Film Animasi. Peran ini termasuk sangat banyak diminati dan juga termasuk sangat sulit, sangat diperlukan pengalaman lebih, untuk peran ini .

Aplikasi yang sering digunakan untuk bekerja seperti : Autodesk Maya, Blender, After effect,  dan Poser Pro

Namun dalam beberapa hal Seorang Animator bisa juga merangkap dalam pembuatan sebuah Game.



Baca juga Ulasan Aplikasi  Animator :Software Untuk Animator Pemula hingga Pro






Demikian Ulasan Semoga menambah refrensi kamu, saya rasa juga pribadi masih banyak diluar sana yang belum diketahui, namun  ada baiknya jika kamu juga dapat menambah refrensi,  tambahkan di kolom komentar,



Terima kasih, Salam.








Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

0 komentar:

Post a Comment

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top