Friday, January 30, 2015

Kisah Bill Gates dan Steve Jobs Pendiri Microsoft dan Apple

1:27:00 AM


Bicara mengenai kedua produk ini, kita selalu dibayangi sosok penggagas/ pendirinya. Siapa yang tak mengenal sosok itu yaitu Bill Gates dan Steve Jobs. Sosok mereka mungkin dapat digambarkan sebagai Bapak Teknologi. Dimana temuan temuan perusahaan mereka terus laris manis di pasaran.

Sehingga tak asing dibalik itu mereka adalah dua sosok yang saling berlomba untuk menguasai pasar, mereka merasa satu sama lain adalah sosok Kompetitor abadi. 

Namun ada beberapa hal dari kisah mereka berdua yang tidak diketahui secara luas, mari kita simak ulasannya


Awalnya awalnya pada tahun 1971 Steve Jobs menuntut ilmu di California (Berkeley) bersama teman nya yang bernama Steve Wozniak. Pada Tahun itu ada kejadian unik yang mana terjadi demo yang menuntut “kebebasan berbicara” dan menentang keterlibatan Amerika Serikat dalam perang Vietnam. Saat  Steve dan Wozniak sedang melakukan eksperimen, yang dibantu oleh Captain Crunch, seorang yang diklaim “ANEH” tapi juga pahlawan di Kampusnya Berkeley.


Steve dan Wozniak berkeinginan membuat sebuah kotak biru yang pada jaman dulu mirip dengan telepon, namun memiliki fungsi menarik yaitu dapat melakukan panggilan telepon gratis(tanpa pulsa). Karena kotak biru ini memiliki teknologi yang sama dengan perangkat jarak jauh milik AT&T. Steve Jobs pun memiliki gagasan untuk mengembangkan produk nya tersebut dimana dia beranggapan (“Informasi adalah Kunci Kekuasaan di Dunia Ini”).


Namun karena karena dianggap illegal mereka hampir berurusan dengan Hukum, Sehingga timbul benak seorang temannya Wozniak yang ingin membuat hal yang berbeda, karena hal sebelumnya terlalu beresiko. Dan memutuskan untuk beralih membuat sebuah Komputer.

Namun yang namanya manusia Steve Jobs dan temannya Wozniak juga pernah mengalami jatuh bangun dalam perjuangannya menjalankan ide ide yang bakal mampu membawa perubahan besar bagi dunia ini. Mereka sempat mengalami kebangkrutan, akhirnya sempat berhenti dalam beberapa minggu dan menjadi badut untuk menghibur anak anak di sebuah taman.Tapi Steve Jobs tidak betah dengan pekerjaan itu. 


Mereka pun melihat ada peluang untuk membuat program yaitu bahasa pemrograman yang rencananya dijual ke perusahaan (MITS) di Albuquerque. Yang mana pada saat itu MITS telah dikuasai seorang Paul (berteman dengan Bill Gates), mereka sudah terlebih dahulu menawarkan sebuah program ke MITS, program tersebut dikenal dengan sebutan FORTRAN.

Bill Gates dan Paul Allen berhasil membuat Traf-O-Data dan menjualnya ke perusahaan MITS dan saat itu juga mereka memperoleh hadiah dari perusaahaan tersebut berupa sebuah komputer .


Karena kantor MITS yang beroperasi untuk altair ini hanya sebuah tempat kecil yaitu sebuah kamar motel, dan Kantor ini diberikan kekuasaan penuh untuk ditempati oleh Bill Gates dan Paul sehingga dengan kegeniusan Bill Gates dan Paul mereka mencari dengan cara menyewakan kamar tersebut sebagai tempat maksiat.


Steve Jobs dan Steve Wosniak juga membuat prototype sebuah komputer yang sekarang kita kenal sebagai PC. Mereka memamerkan komputer yang dilengkapi dengan monitor itu ke sebuah grup pecinta komputer alhasil mendapatkan order pertama 50 unit. Untuk usaha ini mereka meminjam uang dari Bank juga menjual Mobilnya.


Suatu hari datanglah Mike Markula, Pegawai Intel Corporation, saat itu dia tengah mencari peluang bisnis dari hal ini, Mike menawarkan 250 ribu dollar untuk proyek Apple dan dimulailah Proyek tersebut. Akhirnya proyek ini mendapatkan respon dari pasar dan membuat orang terkagum karena mampu berkembang dan bersaing dengan Perusahaan IBM


Disisi lain Bill Gates melihat Apple telah sukses dan membuat IBM kalah bersaing, Bill Gates berfikir cara agar IBM membutuhkannya, Akhirnya Bill Gates membuat kejutan  memutuskan untuk bekerja sama dengan IBM yaitu membuat sebuah proyek yang Ia namainya dengan sebutan DOS (Disk Operating System). 
 
Bill Gates tidak pernah membuah Satu system operasi apapun

Dengan Idenya Bill Gates dengan bantuan Paul berhasil membeli sistem operasi dari Seatle  dengan harga 50 ribu Dollar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjualnya ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi. Dari sinilah Microsoft mulai dikenal.

Steve Jobs tak tinggal diam, Untuk tetap bisa menguasai pasar mereka membuat “Lisa”, sebuah komputer yang diberi nama seperti nama anak pertamanya. Jobs memanfaatkan proyek gagal dari Xerox yaitu teknologi mouse dan GUI (Graphic User Interface). Ia menggagas pembuatan komputer pribadi yang ia beri nama “Macintosh”. 


Bill Gates pun tak diam. Dia berani mengajak Jobs bekerja sama untuk mempelajari teknologi Grafis dan Sistem Operasinya, untungnya Bill Gates mendapatkan Macintosh yaitu 3 prototype  Apple. Microsoft saat itu belum seberapa dibanding Apple dapat mengutak-atik prototype Macintosh Apple yang seharusnya akan diliris tahun depannya, tapi setelah Bill Gates mengotak atik Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sebagai Windows, padahal saat itu Macintosh belum diluncurkan. Bill Gates dapat mengelabui Apple. Dari situlah Microsoft bekembang pesat dan jutru menjadi saingan berat bagi Apple.

 Sementara di pihak Apple sendiri justru terjadi persaingan antara Macintosh Developers dan Apple II Developers, namun  Steve Jobs malah menganggap hal ini sebagai sesuatu yang hebat dan dia menganggap macintosh adalah yang terbaik diantara pendahulunya yaitu Lisa dan Apple II. Bagi orang pada umumnya saat itu dapat dikata bahwa  Apple menghancurkan dirinya sendiri.

Suatu hari Steve Jobs dipecat dari Apple yang pada saat itu John Sculley sebagai Presiden Apple,Steve dianggap membawa dampak buruk bagi kelanjutan Apple, namun tanpa Steve Apple justru dapat dibilang kurang Inovatif, maka pada tahun 1997 Steve Jobs secara resmi di panggil kembali ke Apple. Dan Akhir cerita, Bill gates telah menjadi orang terkaya di dunia dan telah juga memiliki saham Apple Computer.

Hingga saat ini banyak yang beranggapanSteve lebih jenius daripada Bill Gates , hanya saja ia kurang beruntung




~ In Memoriam Steve Jobs ~

Begitulah kisah awal jatuh bangunnya para pendiri perusahaan teknologi yang produknya telah kita nikmati saat ini. Sekian Artikel ini, terima kasih telah berkunjung



Salam








Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

2 komentar:

  1. gak ngira kalau apple sahamnya juga milik microsoft??? pantas saja dulu pernah ada artikel yang menyatakan kalau apple adalah software uji cobanya microsoft

    ReplyDelete
  2. artikelnya menarik untuk diulas dan isinya sangat bermanfaat.
    kami juga memiliki artikel menarik serupa dan bermanfaat.
    silahkan kunjungi :
    Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma
    Terima Kasih :)

    ReplyDelete

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top