Friday, February 6, 2015

7 Cara Mengatasi Kinerja Komputer yang Lambat

10:54:00 PM

Flamingosolution | Kesal dengan komputer yang memiliki kinerja yang lambat memang kerap terjadi, tentu... karena dapat memperlambat kinerja pekerjaan kita juga. Tak jarang juga ujung ujungnya kita memilih pilihan terakhir dengan melakukan Install Ulang. Namun ada banyak penyebab sehingga ini terjadi, hanya saja kita kurang memerhatikan penggunaan komputer selama ini,  dengan itu bukan berarti tidak ada penyelesaiannya, tapi pada intinya kita pengguna haruslah merawat dengan cara berkala / rutin.

Berikut ulasan hal yang menjadi penyebab lambatnya sebuah komputer yaitu dikarenakan beberapa hal dari mulai hal mendasar seperti ;

1. Cache dan Cokies
Cache dan cokies juga dapat menjadi penyebab lambat nya kinerja pada computer atau laptop kamu, dimana Cache biasanya digunakan untuk menyimpan seperti bekas penelusuran di web, lalu menyimpannya di history agar kita bisa menemukan kembali situs tersebut.
Sedangkan Cokie biasanya digunakan untuk mempertahankan login kita pada situs tertentu, dimana agar kita tidak kerepotan untuk login ulang di situs tersebut seperti Facebook, twitter, google dll.
Buka CCleaner– Klik Analyze , tunggu hingga proses selesai (100%) lalu klik Run Cleaner.

 

 Namun cara tersebut sebetulnya belum maksimal jika belum menghapus langsung dari browsernya,
Caranya buka browser anda Firefox – klik History, klik Clear Recent History


nah dengan cara ini kita sudah bebas dari kedua hal diatas yaitu (Cache Cokiee)

NB : Cara ini harus dilakukan dengan cara berkala (Sering) saat sudah selesai menggunakan browser.

2. Temporary & Registry File
Hal yang menjadi penyebab utama ialah File Temp dan Registry yang ada di Kompi kita, sekilas file ini ada  karena beberapa hal seperti; 
saat kita telah menghapus file atau folder dalam computer kita, namun file tersebut masih menyisakan bekas, maka disebut file Temp, begitu juga registry, registry ini kerap muncul karena saat kita menghapus/ uninstall sebuah aplikasi, namun masih menyisakan sebuah file file sehingga tidak bersih sepenuhnya, inilah yang disebuh registry,

Untuk menghapus file ini hampir sama dengan menghapus cache dan cokiee
Buka CCleaner - Klik Registry di panel sebelah kiri, lalu Scan for Issues, tunggu hingga selesai lalu, klik Fix Selected Issues, setelah itu klik No, kemudian Fix all Selected Issues (Perhatikan gambar dibawah)


klik Close jika sudah selesai.

NB : Cara ini harus dilakukan dengan cara berkala (Sering) saat kita selesai meng - UNINSTALL sebuah software.

Atau saran saya jika ingin menghapus Software gunakan lah Aplikasi seperti Revo Uninstaller
download Klik ini


3. Aplikasi atau Software yang Berlebihan 
Aplikasi yang berlebihan memang menjadi salah satu masalah utama, banyak orang melakukan penginstalan tanpa memikirkan efek kinerja yang jadi lambat, hapuslah beberapa aplikasi yang memang jarang kamu pakai atau sama sekali tidak pernah.
Saran saya tetap jika kamu ingin menghapus aplikasi untuk menggunakan Software seperti Revo Uninstaller,  agar tidak menyisakan file file registry.


Jika belum menggunakan Aplikasi ini maka download disini : Klik ini
dan selesai menghapus ulangi lagi langkah diatas (Poin ke dua : Temp & Registry)
 
4. Start Up yang Berlebihan

Seperti halnya Aplikasi, maka Start Up juga bisa menjadi penyebab lambannya komputer anda, dimana startup berfungsi disaat komputer dinyalakan, dan pastinya jika Komputer kita banyak terinstal software , maka tak sedikit pula yang masuk ke Start Up.

caranya bisa langsung dari menu Run, Klik tombol start di pojok monitor lalu ketikan Run, atau cara cepatnya Tekan tombol logo Windows + R, lalu ketikkan Msconfig, lalu Enter.

Kemudian Start Up pada panel diatas , lalu Hapuslah centang beberapa aplikasi yang kamu rasa tidak perlu, seperti contoh IDM, Bluetooth, Adobe Update, jika sudah Klik Apply. klik OK lalu pilih Rerstart (Jika memang ingin langsung melihat efeknya).


5. Defragment
Penyebab lain komputer lelet ialah saat kita jarang melakukan Defragment pada Hardisk kita, 
Defragment ini berfungsi untuk melakukan penyusunan ulang atau merapikan file file yang ada dalam Hardisk, dan salah satu manfaatnya yaitu untuk menghindari yang namanya "Bad Sector"

Maka cobalah untuk men Defrag Hardisk kamu sekali 1 bulan (Pemakaian sering)
caranya seperti berikut :
Klik kanan pada Hardisk kamu, pilih Properties

 Selanjutnya pilih Tools yang ada di panel atas , lalu klik Defragment Now 

Kemudian akan muncul kotak dialog baru, maka Pilih Hardisk yang akan di defrag, kemudian klik Analyze disk , tunggu sampai selesai, kemudian jika sudah , klik Defragment Disk (lihat gambr dibawah)

Tunggulah hingga proses selesai.

Atau kamu bisa mengaturnya untuk melakukan defrag berkala secara otomatis setiap 1 x sebulan dengan cara klik Configure Schedule,  atur waktunya, kemudian Close.

Begitulah cara Melakukan Defragment


6. Hardisk Penuh (Low Space)



Penyebab lain komputer sobat lambat ialah bisa jadi karena Hardisk yang sudah Padat sensus, alias sudah berada di zona merah, hehe , tidak hanya kinerja yang lambat, bahkan kecepatan saat melakukan Booting juga dapat dipengaruhi oleh padatnya harddisk tersebut.

Untuk langkah ini tidak ada Tutorial yang terperinci bagaimana cara mengatasi dan menghapus file file yang tidak digunakan

Namun jika hardiskmu memang sudah tergolong padat, maka untuk itu saran saya hanya "Hapus lah beberapa File yang kamu rasa tidak penting lagi", saya juga tahu berat rasanya klo nge hapus file (apalagi Movie /Software semua, hehe), tapi coba lebih detail untuk melakukan sortir mana yang memang lebih penting, hapus yang sudah tidak penting.



7. Cegah Virus

Ya.. Penyebab yang satu ini sering menjadi penyebab utama lambatnya kinerja komputer anda, tak jarang komputer bisa hang, Bad sector, Blue Screen, dll di karenakan virus yang berbentuk berupa, Trojan, Worm, Malware, dll. Namun bukan berarti Virus tidak bisa ditangani. yaitu dengan menginstal Antivirus yang tepat. Dalam arti kata yang tepat adalah tidak malah memperberat kinerja Komputer, membuat booting semakin lama.
Antara satu sama lain banyak Jenis Antivirus yang memiliki kelebihan masing masing, untuk saran saya pribadi cukup menggunakan Antivirus bawaan dari Versi Microsoft yaitu Microsoft Security Essential , jika belum punya  langsung saja Download disini Klik ini .

Saya mempercayakan keamanan komputer saya dari virus menggunakan aplikasi ini karena beberapa hal, seperti Tidak terlalu berat, Booting lancar, Update berkala. Yang mana File Install hanya berkisar 22.35 Mb dan ini berarti sudah membantu dalam proses Kinerja Komputer saya dan tidak memperberat ruang penyimpanan dalam HDD.

Namun bukan berarti Antivirus yang lainnya tidak baik loh, kembali lagi itu alasannya kenapa menulis pilihan Antivirus yang tepat. Jadi Pilih lah mana yang benar benar membantu dan tidak malah mempersulit kinerja Komputer.


Sekian artikel ulasan kali ini , semoga membantu dan dapat menambah refrensi kamu , Terima kasih.

Salam



Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

2 komentar:

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top