Friday, February 6, 2015

9 Pekerjaan Bidang IT dengan Tingkat Stres yang Rendah

4:31:00 PM

FlamingoSolution | Pekerjaan di bidang Teknologi memiliki suatu kebanggaan tersendiri, dimana yang berada disekitar hal yang berbau teknologi, dan menjadi nuansa elegan/elit. Namun tak sedikit Bidang bidang dalam IT yang tergolong rumit dan tinggi akan tingkat stres, merasa berat menjalaninya, seperti contoh "Programmer" tak luput dari masalah masalah seperti ”Bug”, deadline/tenggat waktu dari atasan yang semakin dekat adalah salah satu penyebab tingkat stres yang tinggi pada pekerjaan IT. Berikut beberapa daftar profesi di bidang IT yang memiliki tingkat stres rendah.
Sales Komputer (Marketing) 
Tentu kita sudah tahu jika menjadi salesperson di toko komputer memang terlihat mudah mudah gampang, tapi tidak sesulit bidang IT lainnya, bagian ini merupakan suatu pekerjaan yang mendatangkan maupun melayani seorang calon pembeli produk/ brand suatu toko yang kita tempati, tantangannya kerap dituntut untuk mencapai target pemasaran suatu produk maupun target perusahaan.
Teknisi Support Desktop & backup administrator 

Bidang ini  adalah pekerjaan yang masih memiliki peran penting, dimana bidang ini diperlukan saat seseorang pegawai lain membutuhkan bantuan disaat komputer di kantor sedang mengalami gangguan teknis, baik itu melakukan Backups administrator untuk mengembalikan data data penting yang hilang, pekerjaan ini menuntut untuk menyelesaikan masalah gangguan tersebut dengan cepat agar para pegawai yang mengalami masalah dengan komputernya tersebut bisa melanjutkan pekerjaannya, dan itu terjadi bisa kapan saja, sehingga seorang dibidang ini harus siap kapanpun dibutuhkan. 
Configuration Engineer 
Pekerjaan ini dibutuhkan disaat seorang klien sedang berhubungan dengan perusahaan yang membutuhkan solusi spesifikasi sebuah server, maka itu akan diserahkan kepada seorang Configuration Engineer. Saat sudah disetujui maka tugas Configuration ini untuk beralih klien selanjutnya. Namun meski telah menghadapi berbagai klien, configuration engineer tidak akan terlalu stres karena pelanggan cenderung memiliki pengetahuan yang baik mengenai apa yang dikehendakinya.
Computer Lab Support
Seperti kita tahu jika sebuah sekolah atau kampus memiliki sebuah lab khusus computer, maka tak lain dibutuhkan juga seorang yang bertugas menjaga dan bertanggung jawab atas segala yang terjadi dengan computer tersebut. Namun biasanya seorang lab support hanya menangani pertanyaan dasar seperti cara melakukan penyimpanan file, atau tinta printer yang habis, kebersihan lab, dan mencatat komputer yang rusak. Namun hal yang menjadi penyebab stres yang didapat dari pekerjaan ini adalah rendahnya honor. 
Application Architect 

Seorang application architect biasanya tidak berhubungan dengan kekacauan yang disebabkan oleh pengguna aktual sebab kebanyaka dia hanya mengerjakan library yang digunakan oleh developer lain dan memberi petunjuk keseluruhan pengembangan dari sebuah aplikasi. Pekerjaan application architect seringkali dipisahkan dari deadline dibandingkan developers lain karena bagian terbesar dalam pekerjaan mereka terjadi di awal sebuah project. 
Build Engineer 

Seorang Build engineer ialah orang yang bertanggung jawab untuk otomatisasi proses dan prosedur untuk mengembangkan perangkat lunak dari source code ke running code. Seperti halnya application architect, pekerjaan ini tidak membutuhkan banyak kontak dengan orang-orang di luar IT. Meskipun ini adalah pekerjaan sulit yang membutuhkan pengetahuan mengenai berbagai macam teknologi, ini adalah posisi dimana orang-orang yang berada di dalamnya diberikan tempat yang relatif tenang untuk bekerja. 
Teknisi Instalasi 
Teknisi instalasi adalah seorang yang mengerjakan pemasangan dan konfigurasi awal sebuah perangkat keras, terkhusus pada perangkat seperti kabel dan modem DSL. Keuntungannya dari pekerjaan ini adalah masalah masalah yang ditemukan di tempat klien merupakan alasan yang dapat dibenarkan untuk menunda pemasangan dan pada dasarnya dimengerti oleh pelanggan. Namun tugas ini biasanya dapat diselesaikan oleh Teknisi Instalasi sebelum tenggat waktu sehingga mereka jarang stres.
Trainer Trainers 
Seorang Trainer Trainers adalah sebuah pekerjaan yang terlihat bagus : Mereka datang, memberikan materi dan arahan, dan pergi ketika pertempuran yang sebenarnya terjadi. Trainers ada untuk mengedukasi dan ada kalanya menjadi guru adalah sebuah hal yang membuat frustrasi. Banyak bicara, banyak berdiri, dan banyak melakukan perjalanan adalah konsekuensi yang dihadapi. Akan tetapi, hal-hal yang membuat stres seperti projects, perangkat lunak yang crash, atau pemakai produk tidak akan mereka hadapi sehari-hari. 
IT Industry Analyst 
Menjadi seorang Industry Analis adalah salah satu pekerjaan terbaik di industri IT. Mereka adalah orang-orang yang berperan untuk berbicara kepada pemimpin industri lalu membuat laporan mengenai prediksi masa depan industri IT itu sendiri. Meski bekerja di bawah deadline, mereka tidak pernah harus berurusan dengan server yang mati, security breaches, atau aplikasi yang tidak berjalan. Dan ketika mereka melakukan kesalahan, ketidakpastian dari cepatnya evolusi industri merupakan alasan yang dapat diterima sebagai kambing hitam
Sekian Ulasan Pekerjaan Bidang IT dengan tingkat stres yang rendah, namun adapun menurut hemat saya, bahwa itu tergantung pada pembawaan diri kita sendiri terhadap pekerjaan yang sedang kita hadapi, bahkan seorang milliader yang memiliki rumah besar pun bisa stres sebaliknya para kalangan bawahan, jadi apapun pekerjaan kita, tetap lah harus dijalani dengan hikmat.
Namun beradalah di posisi yang tepat dengan bidang kamu agar tidak terjadi yang namanya ("Wrong Man, in the Wrong Place")

Terima kasih telah berkunjung, Salam 
Refrensi : Berbagai Sumber


Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

0 komentar:

Post a Comment

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top