Friday, February 13, 2015

Cara Menghapus CMOS Komputer dan Reset Pengaturan BIOS

3:48:00 PM

Cara Menghapus CMOS Komputer dan Reset Pengaturan BIOS

Jika kamu memiliki masalah dimana Komputermu sedang bermasalah yaitu Low Level Setting seperti pada System Time date dan pengaturan Hardware yang diatur melalui CMOS. Pengaturan ini dikonfigurasi di menu Setup BIOS.
Ada beberapa cara untuk mengatasi seperti ini diantaranya seperti berikut ;

Gunakan BIOS menu

Cara termudah untuk menghapus CMOS adalah dari menu setup BIOS komputer kamu. Untuk mengakses menu setup, restart komputer  dan tekan tombol yang muncul di layar Anda -biasanya dengan menekean tombol Del atau F2 - untuk mengakses menu pengaturan.

Jika kamu tidak melihat kunci/ tombol ditampilkan pada layar Anda, buka buku panduan komputermu. Komputer yang berbeda bisa saja menggunakan tombol yang berbeda. (Jika Anda membangun komputer sendiri, atau lihat dari buku manual motherboard.)

Saat sudah memasuki BIOS, lihat menu Reset Pengaturan. bisa di lihat di Menu Save & Edit (Reset to Default) / (Load Factory Defaults), lalu hapus Bios Settings, Load Setup Defaults, atau yang serupa dengan .

Pilih dengan tombol panah, tekan Enter, dan mengkonfirmasi operasi. BIOS Anda sekarang akan menggunakan setting default - jika Anda telah mengubah pengaturan BIOS apapun di masa lalu, Anda harus mengubahnya kembali.



Menggunakan Motherboard Jumper 

Beberapa Motherboard berisi sebuah Jumper yang bisa digunakan untuk Menghapus pengaturan CMOS  jika kamu tidak bisa mengakses BIOS seperti biasa. Terutama jika penggunaan bios menggunakan Password-protected dan kamu tidak tahu / lupa password.

 Sebuah Lokasi yang biasa sebagai tempat Jumper dapat ditemukan di motherboard dengan cara  manual. 

Caranya :
Shutdown/ matikan Komputer, pastikan tidak ada daya apapun yang tersambung (Mati total). Jika sudah buka Casing komputer dan lihat lokasi dari JUMPER ini biasanya dinamai CLEAR CMOS, CLEAR, CLR CMOS, PASSWORD atau CLR PWD (biasanya terlihat dekat disekitar Baterai Bulat kecil) . Pastikan sebelumnya anda tidak menyentuh sembarang dengan hal yang berbau listrik untuk menghindari korslet listrik dsb.
Maka aturlah Jumper ke posisi "CLEAR". Lalu hidupkan komputermu, dan matikan kembali dan atur jumper ke posisi semula. Maka masalah sudah teratasi.

Pasang kembali baterai CMOS

Jika motherboard tidak memiliki CLEAR CMOS jumper, mungkin kamu sering  menghapus CMOS dengan cara mencabut dan mengganti batterai CMOS tersebut. 
Baterai CMOS menyediakan daya yang digunakan untuk menyimpan pengaturan BIOS - tujuannya  agar komputer  mengetahui berapa lama waktu yang telah berlalu bahkan ketika komputer saat sedang keadaan mati sementara waktu .
Jadi pencabutan baterai akan menghapus sumber daya dan menghapus pengaturan.

Catatan Penting: Tidak semua motherboard memiliki baterai CMOS yang bisa dilepas. Jika baterai tidak bisa dilepas, jangan dipaksakan (serahkan saja pada ahli teknisi).



Sekian Ulasan Cara Menghapus CMOS komputer dan Reset Bios, semoga membantu dan menambah refrensi.
Salam

Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

4 komentar:

  1. Maksud dari kata "aturlah jumper ke posisi CLEAR" tu maksudnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong penjelasannya terima kasih 😊

      Delete
    2. Jadi begini mas,
      pada Jumper pada motherboard biasanya memiliki 3 elemen besi (posisi berdiri), sedangkan transistornya hanya memakai 2 saja.

      sedangkan untuk mengatur posisi jumper ke posisi clear adalah, kita memindahkan posisi transnistornya ke sisi besi yang sebelumnya tidak terpakai.

      setelah itu komputer dihidupin--> trus dimatiin lagi.
      kemudian transistor jumper tadi dibalikin lagi mas.

      Boleh liat gambarnya disini sebagai refrensi

      -- > https://www.google.com/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fcdn.computerhope.com%2Fjumper.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Fwww.computerhope.com%2Fjargon%2Fj%2Fjumper.htm&docid=CL9HkXPIGz4m2M&tbnid=_-mZd0iLkq69uM%3A&w=250&h=348&client=firefox-b&bih=620&biw=1366&ved=0ahUKEwiFoMjOu_vNAhVGupQKHSgSD9UQMwgkKAcwBw&iact=mrc&uact=8

      Delete
  2. saya punya server jadul banget, hp netserver e 60. data lama masih kami perlukan, tapi tidak bisa log in ke server (network connection problem).
    Lalu saya coba konek direct ke monitor saya, diminta admin password yang kami satu kantor tidak ada yang tahu, karena dulu IT kami yg urus, skrng dia sudah resign tidak meninggalkan password. apakah bisa dibantu supaya kami bisa access kembali ke server tersebut? apakah clear CMOS akan menghilangkan data yang sudah ada di dalam server tsb?

    ReplyDelete

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top