Friday, April 24, 2015

Tutorial Lengkap Cara Membuat Latar Background Abstrak di Illustrator

11:41:00 PM

Flamingosolution.com | Kesempatan kali ini blog ingin sedikit berbagi mengenai artikel yang memuat "Tutorial Cara Membuat Latar / Background Abstrak di Illustrator".

Mungkin jenis gambar seperti ini sudah kerap kita lihat seperti contoh latar abstrak seperti pada beberapa cover buku, log, bahkan latar dari sebuah OS Linux / Microsoft/ Mac dll lain sebagainya.
Latar seperti ini biasanya bertujuan untuk mendukung sebuah konten atau logo agar terlihat dinamis dan latar tampilan dalam suatu monitor lebih tampak ringan dipandang mata.

Maka untuk itu langsung saja mari kita simak langkah langkah dibawah berikut

Step 1 : Buka Illustrator  dan buat layer baru dengan ukuran sesuai keinginanmu.

 (Gbr 1 : Buka Layer Baru)
Step 2 : Buat sebuah bidang persegi [Rectangle] pada layer, dan beri dengan warna gradient orange

(Gbr 2 : Memasukkan Rectangel dan Gradient Orange)

Step 3 : Atur warna Gradient Orange menjadi 2 titik warna saja, kemudian arah gradien dengan cara atur sudut menjadi  (-90)

(Gbr 3 : Mengatur warna gradient)

Step 4 : Masukkan kedalam objek 'rectangel' sebuah garis melintang datar dengan menggunakan Pentool. Aturlah warna dalam Fill : none ; dan Strokenya warna putih.

 (Gbr 4 : membuat garis horizontal dengan Pentool)

Step 5 : Kemudian ubah jenis sebuah garis tersebut menjadi brush jenis Charcoal - Feater
  (Gbr 5 : Mengubah motif garis menjadi motif brush)

Step 6 : Duplikat/ perbanyak garis yang telah diubah tadi sebanyak 5 (cukup) dengan cara mendrag kebawah sambil menahan 'alt' lalu klik dilepas. Atau bisa dengan cara tekan Ctrl + D selama 5 x agar terduplikat sebanyak 5.

 (Gbr 6 : Memperbanyak garis motif brush sebanyak 5)

Step 7 : Selanjutnya seleksi sudut anchor/ titik garis kanan dengan menggunakan Direct Selection Tool atau tekan 'A' . - Kemudian ubah posisi , atau jenis lekukannya 

 (Gbr 7 : Mengubah sudut anchor point dengan direct selection tool (a) )


Step 8 : Ubahlah semua sudut anchor tersebut seperti dibawah ini, dan buat sudut memilki lekukan dengan menggunakan dengan mengubah jenis sudut anchor menjadi "smooth"

(Gbr 8 : Mengubah sudut anchor dengan smooth ).

Step 9: Selanjutnya seleksi lah semua garis tersebut dan perbesar sehingga terlihat keluar dari bidang Rectangel yang telah diberi gradient ,  Kemudian setelah itu duplikat dan letakkan dibawah posisi garis yang semula

(Gbr 9 : Memperbesar garis, dan duplikat )

 Step 10 : Seleksi semua garis namun pastikan posisi layer antara (Rectangle Gradient) dengan garis putih berbeda seperti dibawah ini ;

(Gbr 10. Mengunci layer Rectangle)

Step 11: Setelah posisi layer Rectangle dikunci, seleksi masing masing garis menggunakan direct selection kemudian aturlah posisi garis agar pas dengan sudut sudut rectangle , lakukan pada semua garis tersebut , agar terlihat rapi seperti dibawah ini :

(Gbr 11: mengatur sudut sudut anchor Garis putih ke Sudut Rectangle)

Step Akhir : Setelah itu seleksi semua garis (Ctrl A) ,kemudian masuk ke menu Transparency - ubah Blending Mode dari normal ke overlay

 (Gbr akhir : Mengatur Blending Garis)

maka hasil akan menunjukkan warna garis yang lebih menyatu ke dalam latar.

(Hasil Akhir)


Demikian lah tutorial sederhana kali ini yaitu background abstrak, semoga bermanfaat.

Terima kasih.

Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

0 komentar:

Post a Comment

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top