Thursday, December 31, 2015

Teknologi terbaru : Robot VertiGo yang dapat Memanjat Tembok

9:37:00 PM

Flamingosolution | Baru-baru ini dunia teknologi semakin bertambah dengan ditemukannya sebuah penemuan robot ber-teknologi canggih yaitu sebuah robot (bot) memiliki 4 buah roda yang dinamai VertiGo. Robot ini terlihat seperti halnya sama dengan mobil mainan Remote Control yang sudah sering dimainkan oleh anak - anak. 

Robot VertiGo .Dikutip dari Scoopnest.com

Namun uniknya robot  canggih  ini memiliki kemampuan untuk dapat bergerak secara Vertical, terbukti dengan dapatnya robot ini bergerak layaknya seperti memanjat sebuah dinding beton, yang terlihat dalam video dibawah ini.


Seperti dikutip dari livescience.com.  kabarnya para peneliti di Disney Research Zurich telah bekerja sama dengan beberapa mahasiswa tehnik mesin dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH) di Zurich, untuk merancang dan membangun sebuah sistem gravity-defying bot. Roda depan robot dapat dikendalikan seperti roda depan pada sebuah automobile. Yang mana dapat memungkinkan pengguna yang mengendalikan "bot" tersebut untuk mengubah arah.

VertiGo yang memiliki 2 baling-baling ini dapat mengontrol secara otomatis, yang memungkinkan bot untuk tidak terjatuh dari dinding.

Dan untuk memanjat sebuah dinding bangunan, bot ini secara otomatis memiringkan posisi baling-baling bagian belakangnya sehingga memberi bot gaya dorongan ke arah dinding tersebut.
Pada waktu bersamaan baling-baling depan bot memberikan daya tolak kebawah, sehingga memungkinkan bot untuk berjalan sekaligus merubah posisi arah dari horizontal ke Vertikal.
(terlihat dalam detik 25 dalam video).

Dengan kata lain si pengendali/pengguna bot tidak perlu mencari tahu bagaimana cara untuk memiringkan baling- baling untuk mengubah arah robot dari horizontal ke vertikal. Melainkan hal ini telah terprogram secara otomatis pada robot untuk memiringkan baling baling tersebut.

Para peneliti mengungkapkan bahwa  kemampuan VertiGo untuk bergerak di lantai dan juga dinding ,dapat diterapkan untuk menjelajahi sebuah lingkungan outdoor (perkotaan) dan juga ruangan indoor".  Para peneliti berkata bahwa robot ini juga bisa mengendalikan pijakannya jika berada pada bidang yang tidak rata seperti batu bata.

Bagian body dan rangka dari robot ini terbuat dari bahan serat karbon (carbon fiber). Dan untuk bagian yang paling kompleks yaitu sistem suspensi dan roda dibuat dari hasil Printer 3D dan batang karbon. Rangka robot tersebut, juga sekaligus menjadi tempat untuk bagian komponen elektronik robot termasuk sebuah alat komputer atau alat yang memungkinkan sipengendali VertiGo untuk mengatur bot layaknya seperti mainan remote control biasa

Komputer dalam robot tersebut menerima data dari sensor board, serta sensor inframerah untuk mendeteksi ruangan. Kemudian komputer menggunakan data tersebut bersamaan dengan masukan dari pengguna yang mengendalikan bot.


Dikutip dari : www.livescience.com

Ditulis oleh

Flamingo Solution | Media Informasi Seputar Teknologi dan Seni Visual

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya. Sangat bermanfaat. Sukses terus dunia Robotika.

    Buat yang mau belajar lebih tentang robotika, bisa buka link ini :
    http://robotika.blog.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Mari Saling Berbagi, Membangun dengan memberi kritik, saran jika ada yang kurang jelas, dan tentunya Komentar yang tidak mengandung hal NEGATIF, SARA, BERBAU PORNO GRAFI.
Salam BLOGGER

 

© 2013-2019 Flamingo Solution. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top